Perumusan strategi adalah pengembangan rencana jangka panjang
untuk efektifitas manajemen yang didasari oleh peluang dan acaman lingkungan
yang dilihat dari kekuatan dan kelemahan perusahaan. Perumusan strategi
perusahaan meliputi :
1.
Misi organisasai adalah
tujuan atau alasan mengapa organisasi hidup. Pernyataan misi yang disusun
dengan baik mendefenisikan tujuan mendasar dan unik yang membedakan suatu
perusahaan dengan perusahaan lain.
Misi perusahaan bermaksud menjawab pertanyaan “what business
are we in ?”. Oleh karena itu misi perusahaan penting karena :
a.
Menjamin kesatuan pendapat
mengenai maksud perusahaan;
b.
Memberikan dasar guna
mendorong penggunaan sumberdaya yang optimal;
c.
Memberikan standar
pengalokasian sumberdaya organisasi; Menciptakan sikap serta pandangan yang
senada;
d.
Memudahkan
pengenalan/penjabaran maksud perusahaan dalam tujuan-tujuan lebih terinci.
2.
Tujuan
adalah
hasil akhir aktivitas perencanaan. Tujuan merumuskan apa yang
akan diselesaikan, kapan akan diselesaikan dan sebaiknya diukur
jika memungkinkan. W.F. Glueck & L.R. Jauch mendefinisikan
tujuan perusahaan adalah suatu sasaran akhir yang ingin dicapai oleh perusahaan
melalui kehadiran/keberadaan dan operasinya.
Tujuan perusahaan
bermaksud menjawab pertanyaan “Why are wi in business ?”, oleh sebab itu
tujuan perusahaan penting karena :
a.
Membantu
perusahaan untuk memahami dirinya dalam kaitan dengan lingkungannya;
b.
Membantu
mengkoordinasikan pengambilan keputusan;
c.
Memberikan
tolak ukur bagi penilaian perusahaan;
d.
Memperjelas
sasaran perusahaan yang hendak dicapai.
3.
Strategi perusahaan
merupakan rumusan perencanaan komprehensip tentang bagaimana perusahaan akan
mencapai misi dan tujuannya. Strategi akan memaksimalkan keunggulan komparatif
dan meminimalkan keterbatasan bersaing. Secara singkat strategi perusahaan adalah
suatu rencana yang merupakan satu kesatuan (unified) yaitu
mengikat semua bagian perusahaan menjadi satu, bersifat luas (comprehensive)
yaitu meliputi semua aspek penting dalam perusahaan, dan terpadu (integrated)
yaitu semua bagian strategi selaras dan serasi antara satu dengan yang lainnya.
4.
Kebijakan
menyediakan pedoman luas untuk pengambilan keputusan organisasi secara
keseluruhan serta menghubungkan perumusan strategi dan implementasi. Kebijakan
adalah petunjuk-petunjuk untuk bertindak dalam organisasi, kebijakan menunjukan
bagaimana sumberdaya-sumberdaya yang ada dalam perusahaan harus dialokasikan
dan bagaimana tugas-tugas yang diserahkan kepada bagian-bagian dalam perusahaan
agar dapat dilaksanakan dengan baik sehingga manajer pada tingkat fungsional
dapat menjalankan strategi sebagaimana mestinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar