eng ing eng

PERUMUSAN STRATEGI OPERASI



Perumusan strategi adalah pengembangan rencana jangka panjang untuk efektifitas manajemen yang didasari oleh peluang dan acaman lingkungan yang dilihat dari kekuatan dan kelemahan perusahaan. Perumusan strategi perusahaan meliputi :
1.        Misi organisasai adalah tujuan atau alasan mengapa organisasi hidup. Pernyataan misi yang disusun dengan baik mendefenisikan tujuan mendasar dan unik yang membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan lain.
Misi perusahaan bermaksud menjawab pertanyaan “what business are we in ?”. Oleh karena itu misi perusahaan penting karena :
a.         Menjamin kesatuan pendapat mengenai maksud perusahaan;
b.        Memberikan dasar guna mendorong penggunaan sumberdaya yang optimal;
c.         Memberikan standar pengalokasian sumberdaya organisasi; Menciptakan sikap serta pandangan yang senada;
d.        Memudahkan pengenalan/penjabaran maksud perusahaan dalam tujuan-tujuan lebih terinci.
2.        Tujuan adalah
hasil akhir aktivitas perencanaan. Tujuan merumuskan apa yang akan diselesaikan, kapan akan diselesaikan dan sebaiknya diukur jika memungkinkan. W.F. Glueck & L.R. Jauch mendefinisikan tujuan perusahaan adalah suatu sasaran akhir yang ingin dicapai oleh perusahaan melalui kehadiran/keberadaan dan operasinya.
Tujuan perusahaan bermaksud menjawab pertanyaan “Why are wi in business ?”, oleh sebab itu tujuan perusahaan penting karena :
a.         Membantu perusahaan untuk memahami dirinya dalam kaitan dengan lingkungannya;
b.        Membantu mengkoordinasikan pengambilan keputusan;
c.         Memberikan tolak ukur bagi penilaian perusahaan;
d.        Memperjelas sasaran perusahaan yang hendak dicapai.

3.        Strategi perusahaan merupakan rumusan perencanaan komprehensip tentang bagaimana perusahaan akan mencapai misi dan tujuannya. Strategi akan memaksimalkan keunggulan komparatif dan meminimalkan keterbatasan bersaing. Secara singkat strategi perusahaan adalah suatu rencana yang merupakan satu kesatuan (unified) yaitu mengikat semua bagian perusahaan menjadi satu, bersifat luas (comprehensive) yaitu meliputi semua aspek penting dalam perusahaan, dan terpadu (integrated) yaitu semua bagian strategi selaras dan serasi antara satu dengan yang lainnya.
4.        Kebijakan menyediakan pedoman luas untuk pengambilan keputusan organisasi secara keseluruhan serta menghubungkan perumusan strategi dan implementasi. Kebijakan adalah petunjuk-petunjuk untuk bertindak dalam organisasi, kebijakan menunjukan bagaimana sumberdaya-sumberdaya yang ada dalam perusahaan harus dialokasikan dan bagaimana tugas-tugas yang diserahkan kepada bagian-bagian dalam perusahaan agar dapat dilaksanakan dengan baik sehingga manajer pada tingkat fungsional dapat menjalankan strategi sebagaimana mestinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar